Sabtu, 21 Juni 2014

Tempat Kuliah Selalu Mengagumkan!

Aku menyukai gedung tinggi nan elok dan angkuh itu.. dari luar sungguh luar biasa dan tak ada cacatnya di mataku. Pertama kali aku yang dari daerah datang ke Padang dan melihat Fakultas Bahasa dan Seni (dulu namanya Fakultas Bahasa Sastra dan Seni) itu, aku langsung membenarkan pilihanku yang mengambil jurusan bahasa. “luarnya saja sangat indah, apalagi dalamnya.” Gumamku kala itu.

Resmi, setelah namaku tercatat sebagai salah satu mahasiswa yang lulus tes SNMTN UNP di tahun 2009, aku baru bisa dengan leluasa menjamah setiap kelas perkuliahannya. Ternyata, isi dalamnya tak semegah pikiranku. Tetapi meski begitu, aku masih tetap terpana melihat isi dalamnya. Tak ada lagi meja-meja berantakan seperti kala SMA dulu, ruangannya pun lebih besar, ber-AC, in fokus, tirai, dan papan tulisnya juga bersih. Memang, sekolah menengah sekarang juga sudah banyak yang memiliki kelas yang lebih bagus, tetapi….. hawanya berbeda, sungguh berbeda. Ini kampus, ini tempat perkuliahan, bukan kelas di sekolah. Apalagi aku yang kuliah di fakultas seni ini, hasil karya seni dari mahasiswa seni rupa juga banyak bisa dinikmati. Setiap hari, berganti suasana dan karya. Ah… memang kampusku sangat keren!

Belum lagi di pendopo yang setiap saat menyuguhkan hiburan. Para mahasiswa sendratasik yang menari tiap ari bisa kutonton. Kadang juga pemandangan para penari itu juga dijadikan objek para pelukis dari jurusan seni rupa. Aah… aku benar-benar kagum! apalagi pada even-even tertentu, ada pertunjukan musik, musikalisasi puisi, atau pertunjukan adat Minangkabau dari Prodi konsentrasi BAM. 

Kini, kekaguman lain kurasakan ketika mengenyam bangku pascasarjana. Kelas yang lebih besar dan nyaman, dan lingkungan yang sangat tenang. Tidak pernah lagi kudengar kebisingan mahasiswa yang sekedar lewat di luar kelas, tidak ada lagi sikap kekanak-kanakkan setiap orang yang kutemui. Dan jelas aku serasa lebih dihormati oleh karyawan yang biasanya suka “agak keras” pada mahasiswa, entah karena pakaianku bukan lagi pakaian anak yang kuliah S1, entahlah…

Yang jelas,, tempat kuliah sangat mengagumkan bagiku.
Share:

2 komentar: